SEJARAH BAMBU RUNCING | Perusahaan Pencipta Kata-Kata Tanpa Hak Cipta
Perusahaan Pencipta Kata-Kata Tanpa Hak Cipta: SEJARAH BAMBU RUNCING

Kumpulan Karya Sastra Primanata Dian Isa

Sunday, April 19, 2015 - , 0 komentar

SEJARAH BAMBU RUNCING

"BAMBU RUNCING"
Alkisah di zaman keris jawa,rencong,mandau dan celurit.Para pangeran,pendekar,jawara dan punggawa memiliki kesaktian kanuragan baik pria maupun wanita.Namun pada masanya Kompeni yang memporakporandakan situasi,mengadu domba serta bersiteru di ujung laras bedil dan mariam itu membuat para pemilik kesaktian dirundung bingung.
"Wah itu disebut ajian pelor nyungsep",laskar laskar bergelimpangan tepar,lari pincang" ujar pangeran bersorban putih dan berkuda berbulu abu-abu.
"Sementara ajian keris geni 313 mental,disantetpun mereka kebal,sungguh kesaktian mereka melebihi kesaktian nyai roro wetan".
Lama pangeran mondar mandir pintu rumah dapur pintu rumah dapur sambil elus-elus jenggot ikal putih sejengkal,pangeran mikir senjata apakah yang mumpuni untuk melawan kompeni?.
"Wahai Pangeran Diplosokndeso,hamba mendapat cara mengusir simata biru dari tanah ijo royo ini".Ahli nujum pun menyambut kata."Apa itu Ki?"...
"Sebagaimana terawangan yang hamba lakukan puasa 40 hari nyepi di air terjun icikiwir,hamba mendapatkan bisikan dari genderuwo penghuni pohon bambu,katanya : wahai manusia,tebanglah sebatang bambu,runcingkan ujungnya,maka segala kulit segala daging akan tembus".
"Baiklah jika demikian ki... perintahkan kepada seluruh rakyat dan laskar untuk menggunakan bambu runcing melawan kompeni,segera !.
Demikian kisah ngawur asal muasal senjata tradisional bambu runcing yang ikut serta menjadi senjata andalan para pejuang di negeri tercinta ini. grin emotikon
Oleh : Primanata D.

0 komentar:

Post a Comment

Followers